Tuesday, March 21, 2017

Pertama Kali Jakarta - Bandung Naik Kereta

Berawal dari keinginan untuk solo traveling dan refreshing tipis-tipis, dengan sangat random weekend kemarin gue ke Bandung! Awalnya galau berangkat apa engga, karena waktu bikin itinerary ternyata budgetnya gede juga bo T_T Berhubung baru ngeluarin duit buat les nyetir sama bikin SIM jadi harus prihatin dulu buat akhir bulan ini hiks. Nah karena berangkatnya hari Sabtu, biasanya jalan ke Bandung kan macet tuh, akhirnya iseng-iseng lah buka Traveloka dan ngecek tiket kereta. Eh ternyata harga tiket kereta ke Bandung malah lebih murah daripada naik travel. Keretanya cuma ada 1, Argo Parahyangan. Harga ekonomi 70-80rb, eksekutif 105-135rb. Waktu keberangkatannya ada banyak bisa milih aja, mau pagi siang sore atau malem. Ketersediaan tiketnya juga, kalo kemarin sih, bisa dibilang selalu ada. Jadi buat yang gak sempet booking dari hari-hari sebelumnya atau yang dadakan tiba-tiba pengen ke Bandung kaya gue gini bisa langsung beli tiket go show aja di stasiun. Ada loket yang khusus untuk pembelian tiket keberangkatan H-3jam. Gak perlu nulis-nulis formulir lagi tinggal antri aja, kasih KTP terus bayar. Bayarnya pun bisa pake debit card (di Stasiun Gambir dan Stasiun Bandung). Sedap gak tuh?!

Long story short, berangkatlah gue ke Stasiun Gambir dan beli tiket ekonomi untuk KA Argo Parahyangan jam 10.15 WIB seharga Rp 80.000. Udah ngebayangin dengan harga segitu pasti keretanya nggak jauh beda sama ekonominya KA Kertajaya yang biasanya gue naikin kalo mau ke Surabaya. Bahkan gue ngebayangin kalo gerbongnya masih pake gerbong lama yang belum ada AC nya, jendelanya masih bisa dibuka dan kursi 90 derajat busa tipis yang bikin tepos pantat wkwk. Dari rumah udah siap-siap bawa headset, mindahin lagu ke hp, dan bawa bacaan supaya gak mati gaya di kereta.

Pas keretanya dateng.. bingung gerbong ekonominya yang mana. Udah jalan dari gerbong paling belakang sampe yang paling depan tapi tulisan di luar gerbongnya eksekutif semua. Mana kereta guee? Mana gerbong ekonomi yang ada di bayangan gue? Mana? Mana?! Karena gak nemu-nemu juga akhirnya nanya ke petugas kereta ekonomi parahyangan yang ke Bandung mana? "Ini keretanya mba. Mbanya gerbong berapa?" kata petugas. "ekonomi ac 2 pak." "Oh ekonomi ac 2 di belakang sana mbak yang gerbong kedua dari belakang."

Pas masuk.. hmm ternyata definisi ekonomi KA Argo Parahyangan seperti ini... 180derajat lah kalo dibandingin Kertajaya :") Norak parah pas pertama kali masuk, rasanya yang seneng kaya naik kereta luar negeri gitu. Untung keretanya sepi jadi gak banyak yang menyaksikan betapa noraknya gue saat itu hahaha. Untuk foto-fotonya, karena kamera hp gak photo-friendly, ini ijin ambil dari google aja yak wkwk. Silahkan dilihat sendiri perbedaannya antara KA Kertajaya dan Argo Parahyangan.

Interior kereta ekonomi Argo Parahyangan (img source: https://pbs.twimg.com/media/C0AAmS8UAAALEmm.jpg:small)
Interior kereta ekonomi Argo Parahyangan (img source: https://pbs.twimg.com/media/C0AAnFeUkAAc5VP.jpg:small)
Interior kereta ekonomi Argo Parahyangan (img source: https://bagusgowes.files.wordpress.com/2016/11/14991139_393265731062850_3556470345875443355_o.jpg)


Interior kereta ekonomi Kertajaya (img source: https://mysulaeman.files.wordpress.com/2012/07/img_1037.jpg)
Interior kereta ekonomi Kertajaya (img source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/11/Kamandaka-Int01.JPG)

Perjalanan Jakarta - Bandung dengan Argo Parahyangan memakan waktu sekitar 3 jam. Sepanjang perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan alam yang kaya di lukisan-lukisan gitu. Sawah, gunung, pedesaan, kali yang mengalir dan jernih, uh mata seger deh pasti. Cuma sayangnya kalo menurut gue jalur yang dilewatin rada serem. Ada beberapa spot yang tanahnya gak stabil jadi rel keretanya rawan ambles. Di titik-titik itu biasanya kereta akan mengurangi kecepatan sampai 10km/jam. Gak cuma itu, kita juga akan ngelewatin jembatan yang tinggi parah. Kanan kiri jurang. Udah kaya naik roller coaster deh beneran. Gue yang karena norak dan sedikit lebay sampe pegangan kursi dong pas lewat jurang itu :"

Tapi tenang aja, inshaAllah PT. KAI udah mikirin segala sesuatu terkait dengan keselamatan penumpang. Jadi jangan khawatir, yang penting mah doa aja udah wkwk. Karena pada akhirnya gue sampai di Bandung dengan selamat dan hati yang riang gembira lalala.

No comments: